Apa saja alternatif cara pembayaran angsuran?

Cara Pembayaran Angsuran:

  1. Astrapay
  2. Autodebet melalui Bank Permata, BCA, BRI, BNI, Mandiri
  3. Pembayaran melalui ATM
  4. Pembayaran melalui Transfer/RTGS
  5. Setor Tunai melalui Teller Bank
  6. Kantor Pos
  7. Indomaret
  8. Tokopedia
  9. Bilyet Giro
Bagaimana bila jatuh tempo angsuran Saya jatuh di tanggal yang mana pada bulan tertentu tidak ada tanggal tersebut? Contoh : tanggal jatuh tempo setiap tanggal 31 dan pada bulan tersebut tidak ada tanggal 31.

Pembayaran angsuran maksimal dilakukan di tanggal terakhir pada bulan tersebut, contoh: jatuh tempo setiap tanggal 31, di bulan April pembayaran harus dilakukan maksimal pada tanggal 30. Jika pembayaran angsuran dilakukan di tanggal 1 bulan berikutnya, maka akan dikenakan denda dan biaya administrasi keterlambatan sebagaimana yang tercantum dalam Perjanjian Pembiayaan.

Apa saja yang perlu diperhatikan untuk pembayaran melalui Transfer dan Setor Tunai dengan menggunakan nomor Virtual Account (VA)?

Hal-hal yang harus diperhatikan:

  1. Pembayaran angsuran dengan cara Transfer dan Setor Tunai membutuhkan nomor Virtual Account (VA)
  2. Virtual Account (VA) adalah nomor rekening pembayaran angsuran di Bank Permata dengan nama Anda sebagai pemilik Virtual Account (VA) tersebut
  3. Pastikan Anda mengetahui nomor Virtual Account (VA) Anda.
  4. Nomor Virtual Account (VA) terdiri dari 16 digit angka
  5. Anda akan mendapatkan nomor Virtual Account (VA) bersama dengan dokumen kontrak yang dikirimkan ke alamat Anda setelah kontrak aktif
  6. Biaya administrasi pembayaran angsuran melalui Transfer dan Setor Tunai dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya (sesuai dengan ketentuan Bank yang berlaku)
Kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembayaran angsuran?

Lakukan pembayaran angsuran maksimal 3 (tiga) hari sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari denda keterlambatan.

Apa yang dimaksud dengan Tanggal Jatuh Tempo Angsuran?

Tanggal Jatuh Tempo Angsuran adalah tanggal maksimal Pelanggan dapat melakukan pembayaran angsuran tanpa dikenakan denda.

Bagaimana Saya mendapatkan bukti pembayaran angsuran Saya?

TAF tidak dapat memberikan bukti pembayaran angsuran. Struk ATM atau Bukti Pembayaran yang telah divalidasi merupakan bukti pembayaran yang sah. Anda dapat mengunduh Tabel Angsuran di aplikasi Flex pada menu AKUN SAYA.

Bagaimana jika pembayaran angsuran Saya jatuh tempo pada tanggal merah/hari libur (termasuk Sabtu dan Minggu) ?

Pembayaran angsuran yang jatuh tempo pada tanggal merah/hari libur (termasuk Sabtu dan Minggu) disarankan untuk dilakukan di hari kerja sebelum jatuh tempo untuk menghindari denda keterlambatan

Apakah pembayaran Angsuran yang Saya lakukan diterima saat itu juga (real time) oleh TAF?

Perlu diperhatikan bahwa setiap cara pembayaran angsuran membutuhkan waktu hingga dibukukan oleh TAF:

  • Astrapay: pembayaran akan kami terima 1 hari setelah Anda melakukan pembayaran
  • Autodebet melalui Bank Permata, BCA, BRI, BNI, Mandiri: pembayaran akan kami terima pada hari rekening Anda didebet
  • Pembayaran melalui ATM: pembayaran akan kami terima 1 hari setelah Anda melakukan pembayaran
  • Pembayaran melalui Transfer/RTGS: pembayaran akan kami terima 1 hari setelah Anda melakukan pembayaran
  • Setor Tunai melalui Teller Bank: pembayaran akan kami terima 1 hari setelah Anda melakukan pembayaran
  • Kantor Pos: pembayaran akan kami terima 1 hari setelah Anda melakukan pembayaran
  • Indomaret: pembayaran akan kami terima 1 hari setelah Anda melakukan pembayaran
  • Tokopedia: pembayaran akan kami terima 1 hari setelah Anda melakukan pembayaran
  • Bilyet Giro: pembayaran akan kami terima 1 hari setelah Anda melakukan pembayaran
Bagaimana cara mengetahui besar (nominal) angsuran Saya perbulan dan tanggal jatuh tempo?

Untuk informasi tersebut, Anda dapat melihat pada menu BILLING di aplikasi FLEX atau dapat melihat informasi pada dokumen Perjanjian Pembiayaan atau menghubungi Contact Center TAF

Berapa besar denda angsuran Saya per harinya?

Besar denda angsuran Anda dapat dilihat pada dokumen Perjanjian Pembiayaan, misal yang tercantum adalah : 0.4%; maka perhitungan denda angsurannya adalah sebagai berikut : 0.4% x besar angsuran x jumlah hari keterlambatan, ditambah dengan biaya administrasi keterlambatan.

Jika cara pembayaran angsuran Saya Autodebet dan ada denda keterlambatan angsuran, apakah denda tersebut akan didebet sekaligus?

Denda keterlambatan angsuran akan didebet sekaligus bersama dengan angsuran.

Bagaimanakah cara Klaim Asuransi Kendaraan?

Segera laporkan klaim Anda ke Call Center Perusahaan Asuransi (Max 2 x 24 jam). Nomor telepon Call Center dapat Anda lihat di polis Asuransi Anda.

Apa saja jenis Asuransi Kendaraan?

Terdapat 2 (dua) jenis Asuransi Kendaraan yaitu:

  1. Comprehensive : Menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan sebagian (Partial Loss) maupun keseluruhan (Total Loss), yang diakibatkan oleh risiko yang tidak dikecualikan dalam polis.
  2. Total Loss Only (TLO) : Menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan keseluruhan (Total Loss), jika biaya perbaikannya diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian, serta menjamin kerugian apabila kendaraan hilang dicuri.
Apa saja risiko yang dijamin oleh pihak Asuransi Kendaraan?

Kerusakan/kerugian akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, perbuatan jahat orang lain, pencurian, kebakaran dan kerugian penyeberangan kapal dibawah Dirjen Perhubungan Darat.

Apa saja risiko yang tidak dijamin oleh pihak Asuransi Kendaraan?
  • Penggelapan, penipuan, hipnotis dan sejenisnya
  • Kelebihan muatan, barang/hewan yang dimuat, zat kimia
  • Kerusuhan dan huru-hara kecuali dengan perluasan
  • Bencana alam kecuali dengan perluasan
  • Kerusakan dan kehilangan perlengkapan tambahan, ban, velg atau material BARANG yang aus
  • Perbuatan jahat yang dilakukan oleh : Tertanggung sendiri Suami atau istri, anak, orang tua atau saudara sekandung tertanggung Orang yang bekerja pada tertanggung atau tinggal bersama tertanggung
Apa saja biaya tambahan jika menggunakan Asuransi Jiwa Kredit?

Biaya tambahan:

  1. Premi sesuai dengan Nilai Hutang Anda
  2. Biaya administrasi Asuransi Jiwa Kredit
Bagaimana cara klaim Asuransi Jiwa Kredit?

Anda atau Ahli Waris dapat menghubungi Contact Center TAF atau langsung datang ke Kantor Cabang TAF terdekat.

Apa saja syarat pengambilan BPKB bagi Pelanggan Perorangan?

KTP / KITAS / KITAP Asli Pelanggan yang masih berlaku dan terdapat tanda tangan.

Bagaimana cara booking pengambilan BPKB bagi Pelanggan Perorangan?

Pelanggan dapat melakukan booking pengambilan BPKB di menu PENGAMBILAN BPKB pada aplikasi Flex atau dapat menghubungi Contact Center TAF

Apa saja syarat pengambilan BPKB bagi Pelanggan Badan Usaha (Perusahaan/CV/Koperasi/Yayasan/Firma)?
  • KTP/ KITAS / KITAP Asli Direktur atau pejabat yang berhak dan berwenang mewakili Badan Usaha pada saat itu. Kartu identitas tersebut wajib yang masih berlaku dan terdapat tanda tangan.
  • Stempel Badan Usaha.
  • Fotokopi Akta Pendirian atau Fotokopi Akta Pernyataan Keputusan Rapat mengenai susunan Pengurus (Direksi) dan Pengawas (Dewan Komisaris) Badan Usaha terkini.
Apa saja syarat pengambilan BPKB bagi Pelanggan Perorangan jika dikuasakan orang lain?
  • KTP / KITAS / KITAP Asli Pelanggan yang masih berlaku dan terdapat tanda tangan
  • KTP / KITAS / KITAP Asli Penerima Kuasa yang masih berlaku dan terdapat tanda tangan
  • Surat Kuasa Asli dari Pelanggan kepada Penerima Kuasa (bermaterai Rp 10.000) yang berisi data Pelanggan dan Penerima Kuasa dan informasi data kendaraan yang BPKBnya akan diambil.
Apa saja yang harus dibayarkan oleh Pelanggan jika melakukan Pelunasan Dipercepat?

Pelanggan membayar sejumlah uang sebesar jumlah yang telah disetujui ditambah penalti yang harus dibayar oleh Pelanggan yang diperhitungkan dari sisa pokok pinjaman : (i) sebesar 7% (tujuh persen) jika pelunasan dilakukan dalam waktu 1 tahun sejak tanggal Perjanjian Pembiayaan atau (ii) sebesar 5% (lima persen) jika pelunasan dilakukan lebih dari 1 tahun setelah tanggal Perjanjian Pembiayaan. Biaya ini ditambah dengan bunga berjalan, Biaya administrasi keterlambatan, denda keterlambatan, biaya tarik atas kendaraan dan Biaya administrasi pelunasan dipercepat, serta biaya lainnya yang masih terhutang.

Bagaimana cara melakukan pengurusan Pajak STNK?

Cara melakukan pengurusan Pajak STNK melalui Kantor Cabang TAF:

Pelanggan memberikan KTP / KITAS / KITAP Asli atas nama STNK yang masih berlaku dan terdapat tanda tangan dan STNK Asli beserta biaya Pajak STNK

Cara melakukan pengurusan Pajak STNK secara Pribadi:

Pelanggan meminta dokumen Fotokopi BPKB dan Surat Pengantar TAF melalui Aplikasi Flex atau Contact Center TAF

Bagaimana jika Saya ingin melakukan Perubahan Struktur Kredit yang telah Saya ajukan?

Anda dapat mengajukan Perubahan Struktur Kredit melalui Aplikasi Flex pada menu PERUBAHAN STRUKTUR KREDIT atau menghubungi Contact Center TAF atau datang ke Kantor Cabang TAF

Bagaimana jika Saya ingin melacak status aplikasi Saya yang telah Saya ajukan?

Anda dapat melacak status aplikasi Anda melalui Aplikasi Flex pada menu AKUN SAYA > APLIKASI

Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan kredit kendaraan baru?

Dokumen Persyaratan Pengajuan Kredit Kendaraan Baru (Perorangan) Dokumen Wajib

  • KTP / KITAP / KITAS Asli Pelanggan dan bertanda tangan
  • KTP / KITAP / KITAS Asli Pasangan
  • KTP atas nama STNK (jika diperlukan)
  • KTP guarantor (jika diperlukan)
  • NPWP
  • Kartu Keluarga
  • Rekening tabungan atau slip gaji 3 bulan terakhir

Dokumen Pendukung

  • Surat Pemesanan Kendaraan (SPK)
  • ID card atau informasi lain yang mendukung identitas customer
  • Bukti kepemilikan rumah atau kontrak rumah
Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan kredit Siap Dana?

Dokumen Persyaratan Pengajuan Kredit Siap Dana (Perorangan)

Dokumen Wajib

  • KTP / KITAP / KITAS Asli Pelanggan dan bertanda tangan
  • KTP / KITAP / KITAS Asli Pasangan
  • KTP atas nama STNK (jika diperlukan)
  • KTP guarantor (jika diperlukan)
  • NPWP
  • Kartu Keluarga
  • Dokumen BPKB Kendaraan
  • Rekening tabungan / slip gaji 3 bulan terakhir

Dokumen Pendukung

  • Bukti kepemilikan rumah / kontrak rumah
Perlukah Saya menginformasikan perubahan nomor telepon atau alamat rumah / alamat surat menyurat Saya?

Sesuai peraturan OJK yang berlaku, demi keamanan bertransaksi dan untuk kelancaran komunikasi, Anda harus segera melakukan pengkinian data pribadi dan pekerjaan apabila terdapat perubahan melalui aplikasi Flex pada menu PROFILE atau menghubungi Contact Center TAF atau Kantor Cabang TAF terdekat

Apa yang dimaksud dengan E-Statement ?

E-Statement merupakan catatan pembayaran angsuran dalam bentuk salinan digital (soft copy) yang akan dikirimkan ke alamat email Anda yang terdaftar di TAF.

Bagaimana cara untuk mendaftar E-Statement?

Anda dapat mendaftarkan email Anda melalui Contact Center TAF.

Bagaimana jika Saya sudah mendaftar E-Statement, tapi Saya tidak menerima E-Statement?

Jika Anda tidak menerima email pada inbox Anda, mohon untuk memeriksa folder SPAM / JUNK MAIL pada fasilitas email yang Anda gunakan saat ini. Jika tidak menerima email pada folder SPAM / JUNK MAIL, Anda dapat menghubungi Contact Center TAF.

Apa saja Media Pengaduan Pelanggan ?

Contact Center TAF:

Call Center WhatsApp TAF 0895 80 1500 550
Website www.taf.co.id
Email contact.service@taf.co.id

Bagaimana prosedur pelayanan dan penyelesaian pengaduan Pelanggan?

Pelanggan dapat melakukan pengaduan pada Contact Center TAF atau Kantor Cabang TAF terdekat.

Butuh perkiraan kredit mobil baru Anda? Mulai dari sini

mascot